Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Senin, 22 Agustus 2016

Cara Install Update ROM MIUI 8 Pada Xiaomi Redmi 3



Seperti yang anda ketahui atau mungkin ada yang belum mengetahui, bahwa Xiaomi telah merilis MIUI 8 beberapa waktu yang lalu menggantikan MIUI 7. Namun perilisan MIUI 8 ini masih dalam tahap Beta, untuk saat ini per Juni 2016 belum rilis MIUI 8 Stable, mungkin beberapa hari ke depan. ROM pada MIUI 8 ini masih sebatas ROM China Developer, yang artinya untuk ROM global belum rilis. Seperti yang anda ketahui bahwa untuk ROM China ini mungkin ada beberapa kekurangan. Menurut saya sendiri kekurangan dari ROM China yaitu tidak ada Bahasa Indonesia, tidak ada Google Play Store, dan juga masih banyak aplikasi berbasis China yang bagi saya sendiri tidak berguna.
Namun demikian, bagi anda yang ingin mencicipi bagaimana rasanya MIUI 8 ini bisa juga menginstall pada ponsel Xiaomi anda, sebab siapa sih yang tidak mau menjajal update terbaru dari Xiaomi. Akan tetapi tidak semua device atau ponsel Xiaomi diberikan update MIUI 8, hanya beberapa saja. Device yang mendukung untuk update ke MIUI 8 di antaranya Xiaomi Mi 2/2S, Mi 3, Mi 4, Mi 4c, Mi 4S, Mi 5, Mi Max, Mi Note, Mi Note Pro, Redmi 1, Redmi 1S, Redmi 2, Redmi 2A, Redmi 2 Prime, Redmi 3, Redmi 3S, Redmi Note 3G, Redmi Note 4G, Redmi Note Prime, Redmi Note 2, Redmi Note 3 MTK, dan Redmi Note 3 Qualcomm. Silahkan anda cek sendiri apakah tipe ponsel Xiaomi anda sudah tersedia update ke MIUI 8.
Bagi yang ingin update dari MIUI 7 ke MIUI 8 ini sebenarnya ada beberapa cara. Saya di sini akan memberikan tutorial install/ update MIUI 8 pada device Xiaomi Redmi 3, karena kebetulan saya pengguna Redmi 3 dan untungnya sudah mendapatkan update ke MIUI 8. Untuk cara update ke MIUI 8 bisa anda pilih beberapa cara berikut ini.
1. Update MIUI 8 tanpa PC langsung lewat Updater
Cara update lewat updater bisa dilakukan bagi anda yang sebelumnya menggunakan ROM Developer China versi berapapun yang penting ROM Beta Developer China. Caranya yaitu masuk ke menu Tools >> Updater dan lihat apakah ada pembaharuan terbaru. Biasanya akan muncul update MIUI yang paling baru dan itu adalah MIUI 8. Silahkan klik Update untuk mengupdate ke MIUI 8 dan ikuti saja prosesnya.
Update MIUI 8 Tanpa PC Lewat Updater Xiaomi Redmi 3
2. Update MIUI 8 Lewat Updater Choose Update Package
Cara kedua ini lebih mudah dilakukan. Perlu anda ketahui, pada cara di atas, file update MIUI 8 adalah sebesar 900MB. File ROM MIUI 8 tersebut akan didownload langsung saat proses update. Jika koneksi internet anda cepat dan stabil mungkin cara ini tidak masalah. Namun jika koneksi internet anda lemot, tidak menutup kemungkinan anda akan gagal update karena ukuran file update yang relatif besar tersebut diperlukan koneksi internet yang stabil.
Nah, ada cara yang lebih aman yaitu download ROM MIUI 8 langsung dari website MIUI kemudian anda install. Download ROM ini bisa anda lakukan lewat PC, atau bisa juga lewat warnet, bisa didownload menggunakan software downloader seperti Internet Download Manager.
Caranya adalah sebagai berikut.
– Download dulu ROM MIUI 8 Xiaomi Redmi 3 di sini >> http://en.miui.com/download-298.html. Pilih yang ROM MIUI 8 Developer Beta, seperti gambar berikut.
Update ROM MIUI 8 Xiaomi Redmi 3
– Setelah anda download ROM tersebut, salin ke ponsel Xiaomi anda, terserah mau di internal memory atau external memory.
– Masuk ke menu Tools >> Updater >> klik pada tanda 3 titik di kanan atas >> Choose update package
Cara Update MIUI 8 Ponsel Xiaomi
– Pilih ROM MIUI 8 Developer Beta yang sudah anda salin ke ponsel >> centang (OK) >> maka ponsel akan mengecek pembaharuan apakah ROM yang dipilih versi terbaru >> Reboot and update
Update MIUI 8 Xiaomi Redmi 3
– Setelah ini ponsel Xiaomi anda akan melakukan upgrade ke MIUI 8, tunggu saja prosesnya sampai selesai karena agak lama.
3. Update MIUI 8 menggunakan Mi Flash Tool
Cara update MIUI 8 menggunakan Mi Flash Tool ini bisa anda lakukan manakala posisi ROM yang anda gunakan saat ini tidak berada pada ROM Developer. Mungkin anda masih menggunakan ROM Stable atau bahkan custom ROM. Maka untuk bisa menikmati MIUI 8 anda wajib menggunakan Mi Flash Tool. Cara ini wajib menggunakan PC dan kalau bisa menggunakan Windows 64bit. Untuk Windows 32bit ada yang bisa tapi kebanyakan gagal. Oleh karena itu saya sarankan daripada ribet mending pakai Windows 64bit.
Untuk caranya kurang lebih seperti cara saya di sini http://teknikit.com/2016/03/cara-flashing-rom-distributor-xiaomi-redmi-3.html. Jangan lupa sebelum anda melakukan flashing, backup dulu file file penting seperti musik, foto, video, dan lain lain. Sedangkan untuk backup aplikasi bisa anda lakukan sesuai panduan artikel saya sebelumnya di sini >> http://teknikit.com/2016/05/cara-backup-restore-data-aplikasi-xiaomi.html
– Download Mi Flash Tool >> http://bigota.d.miui.com/tools/MiPhone20151028.exe kemudian install pada komputer anda
– Download fastboot ROM MIUI 8 >> http://en.miui.com/a-234.html
– Scroll ke bawah dan pilih Redmi 3 Latest China Developer Version Fastboot File Download
– Selesai download, ekstrak file ROM tersebut sampai anda mendapatkan folder yang berisi folder images dan beberapa file bat. Untuk tips ekstrak ROM fastboot Xiaomi bisa anda lihat video berikut.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MiGame - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -